RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 ini merupakan bagian dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 paling baru (semuanya ada 6 pembelajaran). Dikarenakan perangkat pembelajaran ini sangat penting maka blog edukasi akan membagikanny secara gratis berdasarkan per pembelajaran.
RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5
RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Isi RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Sebagai gambaran, anda bisa melihat contoh is dari RPP K13 revisi yang akan kami bagikan pada artikel ini :
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pembuka ( ±.......................menit )
• Guru memberikan salam pembuka di awal pelajaran.
• Guru mengajak siswa berdoa sebelum melakukan kegiatan. Guru mengingatkan kembali tujuan berdoa sebelum kegiatan dimulai.
• Siswa berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing. Guru memimpin doa sebelum kegiatan.
• Setelah berdoa, kegiatan pun dimulai.
• Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas? Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
• Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.

b. Kegiatan Inti  ( ±.......................menit )
1. Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?
2. Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
3. Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.
4. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10.
5. Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.
6. Guru menjelaskan aturan bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada kelompok yang akan menjawab soal itu.
7. Guru akan mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan).
8. Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/ merancang soal.
9. Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan/ menunjuk/ membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.
10. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 memilih lambang bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23)
11. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
12. Guru mengambil kembali kartu lambang bilangan dari setiap kelompok dan membagikan 2 jenis
kartu yang lain. Kartu apakah itu?
13. Guru membagikan 3 kartu nama yang tidak lengkap hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai dengan nama anggota kelompok) dan 1 set kartu huruf a-z ke masing-masing kelompok.
14. Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi.
15. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya.
16. Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman 26) Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25.
17. Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27.

c. Kegiatan Penutup  ( ±......................menit )
1. Kegiatan ditutup dengan kegiatan refleksi: siswa dan guru berbicara tentang bagian yang mudah dan sulit saat belajar dan bermain lambang bilangan
2. siswa dan guru berbicara tentang bagian yang mudah dan sulit saat identifikasi huruf untuk menebak huruf yang hilang dari nama teman
3. menyebutkan huruf konsonan dari dua nama teman di kelas (sebagai contoh) dan mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10.
4. Setelah selesai kegiatan refleksi selesai, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan berlangsung (lihat pedoman penilaian sikap).
2. Penilaian pengetahuan
- Tes tertulis
(Guru bisa mengambil nilai tes tertulis dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa halaman 24-25 dan 27)
3. Penilaian keterampilan
a. Penilaian Unjuk kerja: identifikasi lambang bilangan

Download RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Jika ternyata isinya sudah benar sesuai dengan pembaruan format K13 tahun 2016 sekarang ini maka silahkan download saja file selengkapnya supaya Bapak Ibu Guru tidak perlu mengetik ulang.
Link Download:
Baca Juga RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran Lainnya:

Sama seperti file pada artikel sebelumnya, berkas pada artikel inipun harus dibuka dengan software pendukung yakni Microsoft Office Word untuk membuka semua berkas dengan format [doc / docx], Downloadlah aplikasinya melalui website terpercaya.
Diharapkan ini merupakan salah satu referensi yang baik dan benar sesuai harapan anda, bisa digunakan untuk DOWNLOAD, KURIKULUM 2013, MICROSOFT WORD, RPP dengan demikian file tersebut bisa memenuhi dan mengakhiri pencarian.
Pilih Link Unduh Pendukung Lainnya di bawah ini:
Mohon Tunggu sedang memuat Link FILE...

RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 ini merupakan bagian dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 paling baru (semuanya ada 6 pembelajaran).

Poskan Komentar

[disqus]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget