358QHmUbFfVCWnFmKzA6bJLHBWq3zReiU3KEyFvm

RPP 1 Lembar SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Edisi Revisi 2022

Berikut ini kami sediakan RPP 1 Lembar SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Edisi Revisi 2022 untuk membantu semua rekan pengajar dalam melengkapi dan menyiapkan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013.

Contoh RPP 1 lembar untuk setiap kelas sebagai berikut: 1 2 3 4 5 6 SD MI Tahun Pelajaran 2021/2022, merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru sebelum mulai mengajar.

Untuk melaksanakan suatu kegiatan pembelajaran diperlukan suatu perencanaan agar dapat berjalan dengan lancar.

RPP dibuat dari silabus untuk membantu siswa memfokuskan upaya belajar mereka untuk memperoleh Kompetensi Dasar (KD).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang menguraikan kegiatan pembelajaran dan tata cara pencapaian kompetensi dasar yang dituangkan dalam Standar Isi dan dirinci dalam silabus.

Teknik dan organisasi pembelajaran dalam memperoleh Kompetensi Dasar (KD) yang dituangkan dalam Kompetensi Inti (KI) dan dituangkan dalam silabus dijabarkan dalam RPP.

RPP 1 Lembar SD

RPP berfungsi sebagai pedoman bagi guru kelas dan guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan indikator yang telah ditentukan.

Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mengeluarkan kebijakan baru tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kebijakan baru tersebut berupa penyederhanaan RPP yang memperhatikan prinsip efisiensi, efektivitas, dan orientasi siswa.

Penulisan RPP yang efisien dilakukan dengan benar dan membutuhkan sedikit waktu dan tenaga.

Rencana pembelajaran yang efektif adalah yang dirancang dengan tujuan mencapai tujuan pembelajaran.

Sedangkan berpusat pada siswa berarti bahwa rencana pelajaran ditulis dengan mempertimbangkan kesiapan, minat, dan persyaratan belajar anak-anak.

Kebijakan penyederhanaan RPP ini dikeluarkan sebagai tanggapan atas Surat Edaran 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah mengatur 13 (tiga belas) komponen RPP, dan semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.

Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan melaksanakan RPP berdasarkan prinsip efisiensi, efektifitas, dan berpusat pada siswa berkat penyederhanaan RPP ini.

Komponen pembelajaran dipecah menjadi (tiga) bagian utama.

1. Tujuan Pembelajaran. Tujuan pembelajaran ditulis sesuai dengan Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar siswa, serta menggambarkan proses dan hasil pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator yang telah ditetapkan digunakan untuk membuat tujuan pembelajaran.

2. Prosedur Pembelajaran Langkah-langkah pembelajaran berhasil ditulis dalam bentuk kegiatan yang dapat mengarah pada Kompetensi Dasar.

Meskipun demikian, siswa masih terlibat dalam kegiatan pembelajaran interaktif yang menginspirasi, mengasyikkan, menantang, dan memotivasi.

Siswa didorong untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, dengan kebebasan yang memadai untuk berkreasi dan mandiri sesuai dengan bakat, minat, serta pertumbuhan fisik dan psikisnya.

3. Evaluasi pembelajaran (Assessment) Kebijakan penyederhanaan RPP ini memudahkan pengajar untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang panjangnya hanya satu halaman karena penyederhanaan RPP tidak memerlukan jumlah halaman tertentu.

Guru yang membuat RPP dengan format yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuat sebelumnya.

Guru juga dapat melakukan perubahan format RPP yang dibuat dengan mengutamakan efektivitas, efisiensi, dan keberpusatan pada siswa.

Download RPP 1 Lembar Kelas 1, 2, 3,4 ,5 , 6 Kurikulum 2013 Revisi 2022

Silahkan unduh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 format 1 lembar di bawah berikut ini sesuai masing-masing kelas tempat anda mengajar.
Baiklah mungkin kami cukupkan sampai di sini dulu, mudah-mudahan contoh RPP yang telah disediakan di atas dapat bermanfaat dan menjadi salah satu referensi terbaik bagi semua rekan Guru di Indoneisa.
Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

"
"